Ads 468x60px

Selasa, 28 Februari 2012

Merangkum isi Diskusi/Seminar



Soal + Jawaban !!!
1.      Bentuklah kelompok yang beranggotakan 5 orang !
-          Amirul Fauzi               ( 03 )
-          Binti Chikmatul. M     ( 08 )
-          Ika Wahyu. A              ( 20 )
-          M. Daniel Khabibi      ( 24 )
-          Riwo Widodo             ( 33 )
2.      Simaklah diskusi ditelevisi atau diradio !
Þ    Sarasehan anak negeri di metro tv, edisi 12 januari 2012
3.      Bagaimanakah kelengkapan pihak – pihak yang terlibat dalam diskusi tersebut ?
-          Moderator       : ada
-          Notulen           : ada
-          Pembicara        : ada
-          Peserta             : ada
4.      Diskusi tersebut tergolong jenis diskusi apa ?
Sarasehan anak negeri tersebut termasuk diskusi “ Simposium ” dikarenakan beberapa hal, yaitu :
Ø  Peserta lebih aktif, memberikan pendapat tentang masalah yang dibahas sesuai dengan bidang dan keahlian tertentu.
Ø  Ada beberapa sanggahan umum lewat moderator, beberapa peserta akan menyampaikan pendapatkan pendapat atau sanggahan mengacungkan tangan untuk meminta waktu kepada moderator.
Ø  Pada akhir diskusi, tidak diambil sebuah atau beberapa keputusan melainkan hanya mendapatkan beberapa pertandingan dari banyaknya pendapat yang telah disampaikan.
5.      Tuliskan rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi itu!
Berdasakan diskusi yang kami simak pasa tanggal 12 Januari 2012 sekitar pukul 19.00 – 21.00 WIB disalah satu statiun televisi yang berjudul sarasehan anak negeri yang mengangkat tema, “ Menyelamatkan Auto Pilot ”, kami dapat memberi simpulan seperti dibawah ini :
Sebelum membahas tentang bagaimana cara untuk kita tahu apakah itu negeri auto pilot. Negeri Auto pilot didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai negeri yang dimana presiden bertindak sebagaoi pilot sebuah pesawar ( negeri ). Pilot disini harus bertanggungjawab atas semua yang terjadi derngan para penumpangnya. Pilot tersebut harus mengarahkan kejalan yang benar atau jalan yang memang harus dituju. Apabila satu jalan tersebut terletak seharusnya dituju, maka salah seorang dari penumpang atau bisa diwakilkan kepada pramugrari untuk mengingatkan pilot tersebut agar kembali kejalan yang benar. Jadi, pilot disini selain sebagi pemimpin bagi para penumpang yang ingin bepergian.
Pilot, dalan kehidupan berbangsa da bernegara adalah kepala pemerintahan atau presiden. Artinya, presiden bertanggungjawab penuh atas kesejahteraan  rakyatnya. Presiden tersebut harus adil dalam mengeluarkan kebijakan – kebijakan sehingga tidak membuat pihak – pihak lain yang dirugikan. Apabila presiden melakukan kesalahan atau melakukan pelanggaran dalam kebijakan – kebijakan yang beliau buat sendiri maupun UU yang berlaku, maka para anggota DPR-RI berkewajiban untuk mengingatkan. Jadi jika presiden melakukan kesalahan itu berartoi bukan hanya salah presiden melainkan juga para DPR-RI yang lalai.
Anggapan yang kedua tentang autopilot yaitu bahwa presiden disini tidak disebut sebagai pilot melainkan komandan. Da;am pengertian ini tidak ada prajurit yang salah, yang ada hanya komandan yang salah. Semua kegiatan yang terjadi adalah tanggung jawab seorang komandan. Jalan tidaknya suatu pemerintah juga tergantung pada komandan. Tidak ada kesalahan dari prajurit ( DPR-RI ) tanpa sepengetahuan komandan, dipastikan juga bahwa komandan ikut terlibat dalam kesalahan tersebut seperti halnya kasus century, banyak yang beranggapan  bahwa tidak mungkin presiden tidak menahu tentang kasus tersebut.
Pengertian Autopilot sendiri bangi negara Indonesia adalah kurang bertanggungjawabnya seorang presiden yang selama ini kita kenal sebagai SBY ( Syusilo Bambang Yudhoyono ). Beberapa beranggapan dan kejadian tentang pemerintahan SBY yanfg kurang bertanggung jawab :
1.      Anggapan
-   SBY adalah pilot yang baik untuk kasus century, artinya disini SBY bukan pilot yang menyelesaikan kasus century melainkan pilot yang terlibat dalam kasus century.
-    SBY adalah pilot yang tidak baik untuk rakyat, sudah jelas bahwa kesejahteraan rakyat kurang diperhatikan oleh seorantg pilot SBY.
2.      Kejadian atau kenyataan
-  SBY terlalu memikirkan masih para pejabat negara dibandingkan dengan rakyat – rakyatkecil yang lebih membutuhkan dan hal tersebut menjadikan yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin.
-      Penaiakan gaji bagi petani asing jelas sekali bahwa SBY lebih memilih keras import dari negeri tetangga daripada dari rakyatnya.sendiri.
Dari sedikit ketertangan diatas dapat disimpulkan bahwa negeri Auto pilot adalah negeri yang mempunyai pemimpin akan tetap kepemimpinan tersebut tidak berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Apa beberapa harapan yang dibebankan pada seorang auto pilot atau komandan, yakni :
-          Mencerdaskan dan menyejahterakan rakyatnya.
-          Melindungi rakyat atau pengikutnya.
-          Menanam baik perjalanan kedepan adalah benar.
Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menyelamatakan negeri auto, antara lain :
-          Pesawat harus segera landing dan mencari pilot pengganti yang bisa diharapkan.
-          Menumbuhkan pengakuan atau pemikiran bahwa inilah “kita” bukan hanya inilah “aku”




           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Artikel Forum Komunitas Ilmu Bermanfaat Untuk Anda Silahkan Masukkan Email Valid Anda Untuk Medapat Update Terbaru Dari Kami Terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tukar link atau disebut Link Exchange adalah untuk memper,erat tali persaudaraan diantara sesama blogger karna itulah jika sobat blogger ada yang  ingin Tukar Link dengan Forum Komunitas Ilmu silahkan anda copy Link kami dibawah ini:


Link Forum Komunitas Ilmu

Banner Forum Komunitas Ilmu
Photobucket


Dimohon perhatianya kalau anda pasang link saya disidebar saya juga pasang disidebar tapi......!kalau anda pasang di postingan saya juga pasang dipostingan sebelumnya minta maaf dan terima kasih.
NB:kalau link saya anda hapus link anda juga saya hapus.

Link Sahabat Blogger