Ads 468x60px

Rabu, 29 Februari 2012

Prestasi Diri Bagi Keunggulan Bangsa


Setiap bangsa di dunia ini tentu memiliki ke khasan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak terkecuali dengan bangsa dan negara Indonesia. Sejak terkecuali dengan yang lain. Tidak terkecuali dengan bangsa indonesia. Sejak berdirinya pada tanggal 17 agustus 1945 bangsa indonesia telah memiliki prestasi diri yang tidak sedikit. Perstasi diri adalah suatu kebanggaan yang telah d miliki/diraih oleh suatu bangsa. Prestasi diri dapat di miliki oleh individu maupun kelompok bahkan bangsa. Seperti baru-baru ini Human Development Indek indonesia tahun 2007 menduduki peringkat 107 dunia,atau mengalami peningkatan prestasi dalam meningkatkan prestasi dalam menangani korupsi dan tidak lagi menjadi neraga terkorup seperti sebelumnya. Setiap manusia apapun profesinya tentu akan mempunyai keinginan untuk berprestasi oleh sebelumnya dengan berprestasi seseorang akan dapat menilai apakah dirinya sudah berhasil mencapai tujuan hidupnya atau tidak,juga untuk membawa nama baik bangsa dan negara jika memang bisa. Pengertian prestasi yaitu hasil yang telah dicapai, dilakukan diperoleh dan dikerjakan. Prestasi tiap orang tidak sama ada yang berprestasi dalam hal:
1.      Melukis
2.      Berolahraga
3.      Irama musik
4.      Cepat menghitung
5.      Puisi
6.      Pemimpin
7.      Menyesuaikan diri
8.      Tampil menawan
9.      Dll
Manakah yang paling bagus prestasinya? Tidak mungkin terjawab dengan tepat,karena masing masing peristiwa menampilkan tokoh yang memiliki kecerdasan dalam bentuk yng berbeda beda. Prestasi antara orang satu dengan yang lainnya berbeda beda. Pada hakikatnya manusia adalah individu ciptaan tuhan yang maha esa yang memiliki potensi diri yang b erbeda satu dengan yang lainnya,sehing prestasi diri setiap orang tentu tidaklah sama itu sebabnya para ahli berpendapat bahwa setiap siswa adalah individu yang unik(berbeda satu dan yang lainnya).
Setiap warga negara Indonesia yang baik maka setiap orang berusaha berprestasi demi keunggulan bangsa indonesia tercinta. Tentu sangat membanggakan bangsa indonesia tercinta.jika kita berprestasi seperti Taufik Hidayat, Susi Susanti dan Gita gutawa juara menyanyi di Mesir tahun 2007,Usman Hasan Saputra,Hermawan Kertajaya,Prof. DR. Ir. BJ Habibi, Dahlan Iskan atau Ir. Saputra serta masih banyak lagi. Semua berprestasi sesuai dengan bidangnya masing masing. Ada yang olahraga seni budaya maupun ilmu pengetahuan,serta enterperner (wiraswasta).

A.   HUBUNGAN POTENSI DIRI DAN PRESTASI DIRI UNTUK BERPRESTASI SESUAI KEMAMPUAN

 Salah satu aturan main dalam permainan hidup(the game of life)adalah diberlakukannya hukum kompetisi/persaingan.kenyataan menunjukkan semua orang memilki keinginan umum yang sama: ingin kaya,ingin dihornati atau ingin berprestasi di bidang tertentu.
       Hal ini karena masing masing individu memiliki potensi diri yang berbeda dengan yang lainnya. Manusia adalah ciptaan yang paling sempurna,kesempurnaan tersebut dapat dilihat dari kelengkapan sisi sisi manusia itu sendiri yaitu adalah kebaikan ada pula keburukan. Ada kekuatan tapi ada juga kelemahan. Manusia sebagai makhluk berpotensi yang selkalu bertumbuh menuju aktualisasi dirinya,hanya mampu mengenali kedua sisi tersebut dengan baik.Namun,tidak semua manusia berkhehendak dan bekerja keras untuk menggunakan potensinya. Kekuatan yangberupa potensi potensi diri yang istimewa menjadi sulit berkembang karena kelemahan kelemahan yang tidak bisa dikendali atau dikelola dengan baik.
         Potensi berasal dari kata bahasa inggris to  poten yang  berarti keras,kuat. Dalam kamus umum bahasa indonesia yang berarti kemampuan kemampuan dan kualitas kualitas yang dimiliki seseorang,namun belum dipergunanakan secara maksimal. Potensi merupakan suatu daya dimiliki oleh manusia tetapi daya tersebut masih terpendam dalam diri yang bersangkutan. Setiap manusia pada dasarnya memiliki potensi,tetapi tidak setiap manusia berkehendak dan mau bekerja keras untuk menggunakan daya tersebut. Pengertian potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dsalam berprestasi. Potensi diri adalah kemampuan yang terpendam pada disetiap orang, setiap orang memilikinya. Potensi diri ada yang positif dan ada yang negatif.
 Potensi diri yang positif seperti :
Ø  Memiliki idealisme
Ø  Dinamis dan kreatif
Ø  Keberanian mengambil resiko
Ø  Optimis dan penuh semangat
Ø  Kemandirian dan disiplin tinggi
Ø  Fisik yang kuat dan sehat
Ø  Sikap ksatria
Ø  Terampil dan menerapkan IPTEK
Ø  Kompetitif
Ø  Daya pikir yang kuat
Ø  Memiliki bakat
Ø  Mudah di domba
Ø  Kurang berhati hati
Ø  Emosional
Ø  Kurang percaya diri
Ø  Kurang memiliki motivasi


        B.  PERAN SERTA DALAM BERBAGAI AKTIFITAS UNTUK MEWUJUDKAN  
            PRESTASI DIRI SESUAI KEMAMPUAN DEMI KEUNGGULAN BANGSA

Apa yang dapat kalian simpulkan dari gambar di atas.?! Prof. DR. Ir. BJ Habibi dan Ir. Ciputra. Mereka adalah putra bangsa yang berprestasi dengan potensi masing masing. Ir. Ciputra adalah salah satu pengusaha yang sukses di bidang properti dan peduli pada  pendidikan  selain seorang yang sukses sebagai interpreneur yang mampu menghasilkan berbagai projek di indonesia. Menurut Ir ciputra enterpreneur bukanlah suatu hal yang bersifat mistik dan misterius, juga bukan soal bakat, tetappi bisa di bentuk melalui pelatihan dan pendidikan yang terarah sejak usia dini. Sejak sekarang generasi muda harus punya keinginan yang berlipat, ngtot, dan berkerja keras menjadi wirausahawan. Enterpreneur mampu menciptakan peluang dan selalu menjadi inovator, juga berani mengambil resiko. Selain itu salah satu kepeduliannya adalah berkenan dengan dorongannya pada seseorang putra bangsa indonesia bernama Umar Hasan Saputra yang telah berprestasi dengan menemukan Nutrisi Saputra dari IPB Bogor. Ada 10 manfaat dari hasil temuanya yang di teliti sejak tahun 1992, tetapi baru diumumkan secara luas tahun 2006.
Manfaat Nutrisi Saputra adalah menghemet pupuk, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas, ramah lingkungan, mudah di bawa dan disimpan, tahan kekeringan, panen lebih cepat, penggunaan mudah, banyak gunanya dan ketersediaan stok barang. Selain itu lebih tahan hama, dan rendeman lebih tinggi.
Prop Dr BJ Habibi selain dikenal sebagai mantan wabres dan presiden RI ke tiga, dikenal juga dengan prestasinya di bidang pesawat terbang dan kehilangannya di bidang teknologi. Beliau mendirikan The Habibie Center pada tanggal 10 November 1999 di jakarta. Lembaga ini didirikan sebagai suatu kendaraan yang di harapkan dapat membawa rakyat Indonesia untuk melalui proses demokratisasi dan perlindungan hak asasi manusia dan berkelanjutan. Sebagai seorang mantan presiden beliau menyadari adanya suatu kebutuhan untuk mempromosikan dan mengembangkan konsep demokrasi di Indonesia.
Ø  The Habibie Center didirikan oleh Bachruddin Jusuf Habibie dan keluarga dan keluarga sebagai organisasi independen,non pemerintah dan non profit. Dengan visi untuk memajukan usaha modernisasi dan demokratisasi di Indonesia yang didasarkan pada moralitas danintregritas budaya dan nilai nilai agama dan misi yang di emban adalah prtama untuk menciptakan masyarakat demokratis secara kultural dan struktural yang mengakui menghormati dan menjunjung tinggi HAM, Serta mengkaji dan mengangkat isu isu perkembangan demokrasi dan HAM. Kedua, memajukan dan meningkatkan pengelolaan SDM  dan usaha sosialisasi teknologi.Umar Hasan Saputara ,Ir. Ciputra dan Prop.Dr  Ir BJ Habibie merupakan orang- orang yang mempunyai potensi diri bakat di bidang masing-masing hal ini dapat dilihat dari tiga hal yaitu;
(1)kemampuan di atas rata rata, (2)kreativitas,(3)tanggung jawab ter hadap tugas.ini berarti mereka memiliki kemampuan di atas rata-rata dan puya ciri –ciri kreativitas seperti di kemukakan oleh cholisin sebagai berikut;

Ø  Dorongan ingin tahu besar
Ø  Sering mengajukan pertayaan  yang baik
Ø  Memberikan bayak gagasan yang baik
Ø  Bebas dalam menyatakan pendapat
Ø  Mempuyai rasa keindahan
Ø  Menonjol dalam salah satu bidang seni
Ø  Mempuyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkanya,tidak mudah terpengaruh orang lain  
Ø  Memiliki rasa humor tinggi
Ø  Days imajinasi kuat
Ø  Keaslian (orisinalitas) tinggi (tampak dalam ungkapkan,gagasan,karangan,pemecahan masalah) 
Ø  Dapat bekerja sendiri
Ø  Kemempuan eleborasi (menembangkan atau merinci)suatu gagasan
Bagaimana dengan kalianas apakah memiliki ciri-ciri kreativitas seperti yang telah disebutkan diatas?selain itu ciri-ciri kreativi itas dapat di lihat dari seseorang yang memiliki rasa ingin tahu(sence of curiosity),kebetuhan untuk beradaptasi (need of achievement)dapat beradaptasi (adi ptaple)dan memiliki kemampuan menempuh risiko.
Prestasi diri merupakan perewujudan dari pakat dan kemampuan dan akan optimal jika dikembangkan melalui pendidikan  dan pelatihan.dalam kaitanya dengan anak bakat dinamakan anap lantip Garder memiliki pandangan yang berbeda,ia menyatakan bahwa ‘’Keberkatan manusia bukanlah berdasarkan skor tes standar semata namun sebagai;
·     Kemampuan untuk menyelesikan masalah yang uk mengterjadi dalam kehidupan manusia
·        Kamampuan untuk menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk di selasaikan
·       Kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menadarkan jasa akan menimbulkan penghargaan dalam budaya seseorang
Anak berbakat (anak lantip)di bedakan dari anak jenius.anak jenius disebut juga anak berbakat taraf sangat (high giften)yang sangat jarang di temukan sedangkan anak berbakat bayak ditemukan di sekolah-sekolah ada lima macam berbakatan yaitu;
1. Keberbakatan  Intelektual
2. Keberbakatan Akademik
3. Keberbakatan Kreatif
4. Keberbakatan Kepemimpinan
5. Keberbakatan Seni
Analisis dari Bloom tentang lantip pada peserta Olimpiade Science,bahwa :
·       Pertama memiliki kemampuan luar biasa tinggi untuk mencurahkan sejumlah besar waktu dan usaha untuk mencapai suatu standar yang tingg. Karateristik ini telah ada pada usia 5 atau 8 tahun dan menjadi semakin bertambah setellah orang orang tersebut menerima pengajaran beberapa tahun.
·    Kedua memiliki sifat kompetitif dengan teman sebaya dalam bidang talent tersebut dan memiliki kebulatan tekad untuk melakukan yang terbaik.
·        Ketiga memiliki kemampuan belajar secara tepat tentang teknik teknik baru,ide ide,dan proses dalam bidang talent tersebut. Karateristik lantip menurut Kitano dan Kirby memiliki ciri ciri sebagai berikut :

1.      Fisik yang menarik dan rapi dalam penampilan
2.      Diterima oleh mayoritas dari teman teman sebaya dan orang dewasa
3.      Keterlibatan dalam beberapa kegiatan sosial,mereka memberikan sumbangan ppsiti dan konstruktif
4.      Kecenderungan dipandang sebagai juru pemisah pertengkaran dan pengambil kebijaksanaan oleh teman teman sebaya nya
5.      Memiliki kepercayaan tentang kesamaan derajat semua orang (egalitarian) dan jujur
6.      Perilakunya tidak defensif dan memiliki tenggang rasa
7.      Bebas dari tekanan emosi dan mampu mengontrol ekspresi emosional sehingga relevan dengan situasi
8.      Mampu mempertahankan hubungan abadi dengan teman sebaya dan orang dewasa
9.      Mampu merangsang perilaku produktif bagi orang lain
10.  Memiliki kapasitas yang luar biasa untuk menanggulangi situasi sosial dengan cerdas,himor dan pemahaman .
Karateristik di atas biasanya dimiliki oleh mereka yang telah berprestasi.prestasi akan mencapai hasil yang bagus jika dalam situasi dan kondisi saat kesempatan pengambangan bakat lantip di penuhi. Hal ini bisa diperoleh dari guru yang memberikan peluang kepada siswa untuk berkembang potensinya secara optimal. Kepribadian guru dapat membantu siswa untuk berprestasi antara lain :
1)      Bersikap terbuka terhadap hal hal baru
2)      Peka terhadap perkembangan anak baik secara fisik maupun psikis
3)      Mempunyai pertimbangan luas dan dalam
4)      Penuh pengertian
5)      Mempunyai sifat toleransi
6)      Mempunyai kreatifitas yang tinggi
7)      Bersikap ingin tahu
Selain memiliki kepribadian,guru juga harus memiliki hubungan sosial dengan siswa yang dapat mendorong timbulnya prestasi yaitu suka dan pandai bergaul dengan anak berbakat serta memahami kesulitan yang dihadapi anak tersebut. Selain itu guru juga diharapkan dapat menyesuaikan diri dan mudah bergaul serta memahami dengan cepat tingkah laku anak berbakat tersebut. Untuk anak berbakat memang harus ada perhatian khusus dari guru karena kadang kadang mereka bertindak berbeda dari teman lainnya. Misalnya bertanya secara kritis, meminta perhatian lebih bahkan terkadang seperti melawan guru. Untuk itu kebesaran hati dari guru untuk tidak bertindak negatif,tetapi malah memperhatikan mereka sehingga dapat memperlihatkan bakatnya. Selain guru pesan orang tua juga tidak kalah pentingnya dalam perkembangan  potensi diri yang dimiliki anak untuk menjadi prestasi diri sesuai dengan kemampuannya. Meskipun hak utama pengajaran yang utama ada di tangan orangtua,tetapi alangkah baiknya jika orangtua tidak memaksakan kehendak kepada anaknya untuk mnjadi apa kelak. Orang tua seharusnya bersikap demokratis dalam arti menyerahkan kepada anak mau jadi apa kelak,tetapi tetap disampingnya untuk selalu mendampingi dan mengimgatkan anaknya jika mereka salah. Oramg tua selalu memberikan fasilitas,doa dan dorongan demi keberhasilan anaknya.
      Peran masyarakat juga tidak kalah pentingnya karena bagaimanapun hebatnya seseorang berprestasi jika tidak dapat dirasakan manfaatnya secara langsung maupun tidak langsung oleah masyarakat tentu tidak bermakna. Berbeda jika hasil prestasi dirinya dapat dirasakan masyarakat tentu akan lebih bermakna, seperti prestasi tim bulutangkis Indonesia,kemenangan tim Olimpiade Fisika Indonesia maipun temuan Nutrisi Saputra oleh Usman Hasan Saputra. Peran masyarakat juga bisa dengan memberikan bea siswa,hadiah atau memberikan biaya penelitian sehingga mnghasilkan suatu prestasi.  Semua merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan seseorang yang punya potensi diri akan mampu menun jukkan prestasi diri dengan motivsi yang kuat dengan dukungan keluarga,guru atau masyarakat. Peran guru bisa diganti oleh para pelatih maupun seseorang yang punya kepedulian saperti Yohanes Saputra dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia ataupun Ir. Ciputra dalam penelitian Nutrisi Saputra oleh Umar Hasan Saputra.
     Kebutuhan untuk berprestasi terjemahan dari need of achievement sebagaimana dikemukakan John Atkinson dan David M.c Clelland pada tahun 1940- an. Kebutuhan berprestasi atau n-anch tercermin dari perilaku individu yang selalu mengarah pada suatu standar keunggulan. Orang orang yang mempunyai perilaku seperti itu menyukai tugas tugas yang menantang,tanggung jawab, secara pribadi dan gterbuka untuk umpan balik guna memperbaiki prestasi inovatif-kreatifnya. Hal inilah yang harus dimiliki oleh seseorang supaya dapat berprestasi,jika dikaitkan dengan teori Maslow maka hal ini dapat dikatakan merupakan kebutuhan aktualisasi
Tahap aktualisasi diri menurut Andri Wongso merupakan proses ralisasi piotensi diri setelah kita mampu melakukan tindakan tindakan cepat,berani ambilo resikio,dan mampu mengambil mengambil pelajaran atas keberhasilan dan kegagalan kita. Dalam proses perwujudan ini kita dituntut untuk melakukan ssegala sesuatunya secara profesional efektif dan efisien sebab ini sangat berkaitan dengan peluang atau kesempatan yang kita peroleh.berbagai upaya untuk mencapai prestasi dapat dilakukan dengan cara-cara sebagaimana di kemukakan oleh Sujianto yaitu;
  •   Kreatif dan inovatif                                                                          
Kreatif dan kreatif  merupakan upaya  memiliki daya cipta dan kemampuan untuk  menciptakan sesuatu hal.sedangkan inovatif berarti memperkenalkan sesuatu yang baru bersifat pembaharuan upaya berprestasi dengan cara memperbarui atau menyempurnakan metode, sistem atua stategi yang ada menjadi sesuai atau releven dengan perkembangan jaman.ciri-ciri antara lain peka terhadap lingkungan,dinamis dan progresif serta terbuka.
  •   Tanggung jawab
Tanggung jawab merupakan kewajiban yang dilakukan atau di kerjakan oleh seseorang  atau sekelompok orang untuk menyelesaikan tugas yang di terimanya dengan sebaik mungkin. Untuk itu bisa dilakukan dengan cara skala prioritas, fokus program dan penjadwalan dan optimalisasi kegiatan secara terpadu. Seseorang yang bertanggungjawab akan dapat berprestasi dengan baik karena dia telah menyelesaikan kewajibannya dengan baik sesuai yang telah disepakati sebelumnya. Tanggungjawab tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga pada masyarakat dan yang paling tinggi pada tuhan yang maha esa.
  •   Bekerja keras
Orang yang suka bekerja keras di sayang tuhan, kalian tentu ingat “beribadsahlah kamu seolah akan mati esok hari dan bekerjalah dengan keras seolah kamu akan hidup 1000 tahun lagi.” Ini berarti setiap orang akan serius dalam mengerjakan sesuatu. Akan mengoptimalkan seluruh daya dan upaya demi tercapainya suatu prestasi diri dengan brekerja keras.
Dalam bekerja keras kalian tidak akan terlepas dari kekuatan ketahanan mental, karena pengembangan diri tidak bisa terlepas dari kekuatan ketahanan mental. Kesuksesan yang tidak disertai dengan ketahanan mental akan menjadi kesuksesan yang rapuh fondasinya. Untuk itu ketahanan mental harus kita tempa dan kita tanamkan sejak kita mulai perjuangan dengan cara memelihara spirit sebagai manusia pembelajar yang sejati, selalu berdoa, selalu mengucap syukur dan bermeditasi.
  •   Memanfaatkan Sumber Daya
Walaupun manusia sebagai makluk yang paling sempurna di dunia ini tetapi tidak dapat hidup sendiri, melainkan tetap membutuhkan sumber daya yang ada di sekitarnya. Memanfaatkan sumber daya alam dan bekerjasama dengan manusia lainnya demi tercapainya tujuan.
Setiap individu dituntut untuk  menguasai beberapa keterampilan seperti keterampilan pribadi, keterampilan sosial, keterampilan akademik dan keterampilan dalam bidang tertentu. Selain itu sebagai makhluk sosial manusia juga dituntut untuk mampu mengatasi segala masalah yang timbul sebagai akibat dari interaksi dengan lingkungan sosial dan harus mampu menampilkan diri sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku.
Dalam hubungannya dengan prestasi diri dan sebagai makhluk sosial maka penekanan lebih pada keterampilan keterampilan sosial dan kemampuyan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya,biasanya disebut dengan aspek psikososialis. Keterampilan tersebut harus mulai dikembangkan sejak masih kanak kanak,misalnya dengan memberikan waktu yang cukup buat anak anak untuk bermain atau bercanda dengan teman teman sebaya, memberikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan perkembangan anak,sebagainya. Dengan mengembangkan keterampilan tersebut sejak dini maka akan memudahkan anak dalam memenuhi tugas tugas perkembangan berikutnya sehingga ia dapat berkembang secara normal dan sehat saat ia remaja atau dewasa.
Dalam pandangan Zaitun Mu’tadin bahwa keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaiaan diri menjadi semakin poenting badan krusial manakala anak sudah menginjak masa remaja. Hal ini disebabkan kareana sudah menginjak masa remaja individu sudah memasuki dunia pergaulan yang lebih luas dimana pengaruh teman-teman dan lingkungan sosial akan sangat menentukan. Kegagalan remaja dalam menguasai keterampilan-keterampilan sosial akan menyebabkan dia sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya sehingga dapat menyebabkan rasa rendah diri, dikucilkan dari pergaulan, cenderung berperilaku yang kurang normatif(misalnyan  asosial ataupun anti sosial) ,dan bahkan dalam perkembangan yang lebih ekstrim bisa menyebabkan terjadinya gangguan jiwa ,kenakalan remaja ,tindakan kriminal ,tindakan kekerasan ,dan sejenisnya.keadaan ini di namakan prestasi diri yang negatif atau kegagalan tentu sangat susah membuat mereka berperan serta dalam berbagai aktivitas yang berujung dari prestasi ,atau memiliki prestasi diri yang positif  atau sukses. 
Berdasarkan kondisi tersebut diatas maka amatlah penting bagi remaja untuk dapat mengembangkan keterampilan-katerampilan sosial dan kemampuan untuk menyesuaikan diri.Permasalahanya adalah bagaimana cara melekukan hal tersebut dan aspek-aspek apa saja yang harus di perhatikan. Hal ini sangat panting sekali karena seseorang mempunyai potensi sekaligus tidak selamanya akan selalu sukses.kadang kala dia akan mengalami kegagalan tetapi menanamkan pengertian bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda adalah penting sekali  sehingga dia akan terpacu untuk mencoba sampai berhasil.kalian pasti masih ingat ketika masa kecil kita berkali-kali jatuh ketika belajar berjalan tetapi kita slalu belajar berjalan tetapi kita selalu mencoba-mencoba brejalan lagi dan akhirnya kita berhasil.salah satu tugas perkembangan yang harus dikuasai  remaja yang berada dalam fase perkembangan masa remaja adalah memiliki keterampilan sosial(social skill)untuk dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-sehari keterampilan-keterampilan sosial tersebut meliputi;
B.     Kemampuan  berkomunikasi
C.     Menjalin hubungan dengan orang lain
D.    Menghargai  diri sendiri dan orang lain
E.     Mendengarkan pendapat atau keluhan orang lain
F.      Memberi atau menerima feedback
G.    Memberi atau menerima kritik
H.    Bertindak sesuai norma dan  aturan yang berlaku                                                                                                                           
Apabila  keterampilan sosial dapat di kuasai oleh remaja pada fase tersebut maka ia akan mampu menyesuaikan diri dengan lingkunganya sosialnya.Hasil studi Davis dan Forsythe dalam kehidupan dapat delapan aspek yang menuntut keterampilan sosial (social skill)  yaitu;
a)      Keluarga
b)      Lingkungan
c)      Kepribadian
d)     Rekreasi
e)      Pergaulan dengan lawan jenis
f)       Pendidikan/sekolah
g)      Persahabatan dan soldidaritas kelompok
h)      Lapangan kerja
Hubungannya dengan prestasi diri maka seseorang remaja dalam pengembangan aspek psikososialnya,harus dapat dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kondisi yang kondusif sehingga membuat tercapainya prrestasi diri. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat terpengaruh bagi perkembangan aspek psikososial remaja:
1      1)      KELUARGA
Keluarga merupakan tempat yang pertama dan utama bagi anak dalam mendapatkan  pendidikan. Jika seorang anak memperoleh kepuasan psikis dalam keluarga,maka akan sangat menentukan bagaimanaa dia bereaksi terhadap lingkungan. Anak anak yang dibesarkan dalam keluarga yang tidak harmonis atau broken home dimana anak tidak mendapatkan kepuasan psikis yang cukup maka anak tersebut sulit untuk mengembangkan ketrampilan sosialnya. Hal ini dapat terlihat dari :
·         (low mutual under standing)
·         Kurang mampu menyesuaikn diri dengan tuntutan orang tua dan saudara
·         Kurang mampu berkomunikasi secara sehat
·         Kurang mampu manmdiri
·         Kurang mampu memberi dan menerima sesama saudara
·         Kurang mampu bekerja sama
·         Kurang mampu mengadakan hubungan yang baik

 2).  Lingkungan
           Anak anak harus sudah diperkenalkan dengan lingkungan sejak dini,meliputi lingkungan fisik(rumah,pekarangan) dan lingkungan sosial (tetangga). Selain itu lingkungan juga meliputi lingkungan keluarga (batih/inti dan keluarga besar),lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat luas. Dengan pengenalan lingkungan maka sejak dini anak sudah mengetahui bahwa dia memiliki lingkungan sosial yang luas,tidak hanya terdiri dari orangtua,saudara (keluarga inti),atau kakek dan nenek saja (keluarga besar). Dengan melaksanakan kegiatan sejenis anak akan semakin bertambah wawasannya.
 3).  Kepribadian
         Secara umum penampilan sering diidentikkan dengan manivestasi dari kepribadian seseorang, namun sebenarnya tidak selalu demikian. Yang tampil tidak selalu menggambarkan pribadi yang tidak sebenarnya. Untuk itu lah sangat penting bagi raja untuk tidak menilai seseoranmg berdasarkan penampilan semata,sehingga orang yang memiliki penampilan tidak menarik cenderung diremehkan. Untuk itu,orang tua perlu memberikan penanaman nilai nilai yang menghargai harkat dan martabat orang lain tanpa mendasarkan pada hal hal fisik seperti materi atau penampilan.
 4).  Rekreasi
           Rekreasi merupakan kebutuhan sekunder yang sebaiknya dapat terpenuhi. Dengan rekreasi seseorang akan merasa kesenangan baik fisik maupun psikis, sehingga terlepas dari capek,bosan monoton serta mendapat semangat baru. Akibatnya akan muncul ide dan kreativitas baru.  
5).  Pergaulan dengan lawan jenis
           Untuk dapat menjalankan peran menurut jenis kelamin,maka anak dan remaja seyogyanya tidak di batasi pergaulannya hanya dengan teman teman yang memiliki jenis kelamin yang sama. Pergaulan dengan lawan jenis akan memudahkan anak dalam mengidentifikasi sex role behaviour (peran perilaku gender) yang menjadi semangat penting dalam persiapan berkeluarga maupun ketika sudah berkeluarga, Tenmtu saja tetap harus memperhatikan norma norma yang berlaku dimasyarakat.
6).Pendidikan
           Pada dasarnya sekolah mengajarkan berbagai keterampilan kepada anak.Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan-keterampilan sosial yang dikaitkan dengan cara belajar yang efisien dan berbagai teknik belajar sesuai dengan jenis pelajarnya.Dalam hal ini peran orang tua adalah menjaga agar keterampilan –keterampilan tersebut tetap dimiliki oleh anak atau remaja dan dikembangkan terus menerus sesuai tahap perkembangnya
7).Persahabatan dan solidaritas
           Pada masa remaja peran kelompok dan teman-teman amatlah besar.Tidak  jarang mereka  lebih mementingkan  kepentingan kelompok dari pada kepentingan keluarga.Hal tersebut merupakan sesuatu yang normal sejauh kegiatan yang dilakukan remaja dan kelompoknya  bertujuan positif dan tidak merugikan orang lain.Dalam  hal ini orang tua perlu memberikan dukungan sekaligus pengawasan agar remaja dapat memiliki pergaulan yang luas dan bermanfaat bagi perkembangan psikososialnya.
 8).Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri
          Untuk membantu tumbuhnya kemampuan penyesuaian diri,maka sejak awal anak diajarkan untuk lebih memahami dirinya sendiri (kelebihan dan kekurangannya)yaitu potensi dirinya ,agar mampu mengendalikan dirinya sehingga dapat bereaksi secara wajar dan normaltif.Agar anak dan remaja mudah menyesuakan diri dengan kelompok,maka tugas orangtua/pendidik adalah membekali diri anak dengan membiasakannya untuk menerima dirinya,menerima orang lain,tau dan mau mengakui kesalahanya.Dengan cara ini,remaja tidak akan terkejut mmenerima kritik atau umpan balik dari orang lain/kelompok,mudah membaur pada kelompok dan memiliki solidaritas yang tinggi sehingga mudah d terima orang lain atau kelompok.
        Selain anak  harus diajarkan sejak dini untuk dapat memilih prioritas tugas tugas yang harus segera diatasi.\,bukan menunda atau mengalihkan perhatian pada tugas yang lain.Karena itu sejak awal orang tua atau pendidik telh memberikan bekal agar anak dapat memilih mana yang penting dan mana yang kuraang penting melalui pendidikan disiplin,tatatertib dan etika.
         Masih banyak cara-cara lain yang bisa dipergunakan  un tuk meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaian diri remaja.Keterampilan bebas memilih cara-cara yang sesuai dengan kebutuhan kelainan sehari-hari.
         Satu hal yang harus selalu  kita ingat adalah bahwa dengan membantu remaja dalam mengembangkan keterampilan sosial berarti kita telah membantu mereka dalam menentukan dirinya sendiri sehingga mampu dalam berprilaku  sesuai nirma yang berlaku.Pada akhirnya mereka sebagai bagian dari generasi muda dapat berperan serta dalam berbagai akyifitas dan berprestasi dengan baik dengan sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Apa yang dimaksud bekerja keras menurur sujianto?

Unknown mengatakan...

Apa saja keterampilan sosial menurut davis dan forsythe?

Posting Komentar

Jika Artikel Forum Komunitas Ilmu Bermanfaat Untuk Anda Silahkan Masukkan Email Valid Anda Untuk Medapat Update Terbaru Dari Kami Terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tukar link atau disebut Link Exchange adalah untuk memper,erat tali persaudaraan diantara sesama blogger karna itulah jika sobat blogger ada yang  ingin Tukar Link dengan Forum Komunitas Ilmu silahkan anda copy Link kami dibawah ini:


Link Forum Komunitas Ilmu

Banner Forum Komunitas Ilmu
Photobucket


Dimohon perhatianya kalau anda pasang link saya disidebar saya juga pasang disidebar tapi......!kalau anda pasang di postingan saya juga pasang dipostingan sebelumnya minta maaf dan terima kasih.
NB:kalau link saya anda hapus link anda juga saya hapus.

Link Sahabat Blogger