RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP…
Mata Pelajaran
: Seni Budaya/seni teater
Kelas/Semester
: VII (
tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu
: 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
7. Mengapresiasi karya seni teater
B.
Kompetensi Dasar
7.1
Mengidentifikasi
jenis karya seni teater daerah setempat
C. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik :
1. menyebutkan tiga contoh jenis karya seni teater
daerah setem-
pat
2. menyebutkan tiga fungsi seni teater di daerah
setempat
3.menuliskan tiga unsure seni pertunjukkan.
D.
Materi Pembelajaran
Teater daerah setempat
E.
Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan:
a. Motivasi = menyaksikan
tayangan video tentang seni teater daerah setempat.
b. Apersepsi=
secara acak guru memberi pertanyaan tentang seni teater daerah setempat.
Kegiatan Inti:
·
Menelaah buku teks dan media cetak tentang karya seni
teater daerah setempat
·
Membentuk kelompok
·
Melihat pertunjukan singkat teater secara langsung atau
melalui media audio visual
· Membuat
sinopsis
c. Kegiatan Penutup
Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok
tentang
karya seni teater daerah setempat dan menjawab
pertanyaan dalam
bentuk tertulis
G.
Sumber belajar
Buku teks
tentang teater daerah setempat
Media
cetak
Pertunjukan teater daerah setempat/media
audio visual
H.
Penilaian
Indikator
|
Teknik
Peilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
· Menyebutkan unsur-unsur seni pertunjukan teater daerah setempat
· Mendeskripsikan karya seni teater daerah setempat sesuai dengan fungsinya
· Membuat sinopsis dari karya seni teater daerah setempat yang dilihat
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes uraian
|
·
Sebutkan 3 unsur seni
pertunjukan teater daerah setempat
·
Sebutkan fungsi karya
teater di daerahmu.
·
Buatlah sinopsis dari
pertunjukan karya seni teater daerah setempat yang kamu lihat
|
Contoh
lembar penilaian seni teater
Aspek-aspek
yang dinilai
|
Kriteria
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan unsur
|
|||||
Ketepatan fungsi
|
|||||
Ketepatan sinopsis dengan alur cerita
|
|||||
Teknik penyampaian dalam bentuk tulisan
|
Keterangan :1
= sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik
..................,
...........2006
Mengetahui Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.......................................... ................................
NIP/NIK NIP/NIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar